Manfaat Minyak Atsiri Lavender


 

Tanaman Lavender (Lavandula angustifolia sinonim Lavandula officinalis Chaix) termasuk dalam keluarga Labiatae (Lamiacae) berasal dari wilayah meditrania utara, kemudian dibudidayakan didaerah Eropa bagian selatan, Bulgaria, Federasi Rusia, Amerika Serikat dan Yugoslavia. Lavender berasal dari bahasa latin yang diambil dari kata “Lavo” atau “Lavare” yang berarti sarana untuk mencuci atau membersihkan (Triana, 2021).

Bunga lavender mengandung minyak atsiri lavender yang digunakan sebagai aromaterapi untuk menangani kecemasan, nervous, stres mental, insomnia dan kelelahan. Minyak bunga lavender juga merupakan antiseptik dan dapat digunakan untuk desinfeksi luka (Triana, 2021). Hal ini juga berguna dalam pengobatan alopesia areata, infeksi jamur, jerawat dan eksim. Minyak bunga lavender memiliki manfaat sebagai antibakteri, anti jamur, karminatif, obat penenang, antidepresan, efektif untuk luka bakar, dan gigitan serangga.

Bunga lavender juga di budidayakan di Rumah Atsiri yang bertepatan di Karanganyar Indonesia yang kemudian diolah menjadi minyak Atsiri (Essential Oil / Minyak Esensial) yang sering digunakan dalam aromaterapi adalah senyawa yang diekstrak dari tumbuhan yang memiliki aroma khas. Minyak Atsiri termasuk dari bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok untuk pengobatan alami (Triana, 2021).  Minyak atsiri yang sering digunakan yaitu lavender yang dapat di manfaatkan sebagai terapi komplementer yang bermanfaat untuk pasien kangker yang digunakan untuk pembuatan aromatherapi yang bermanfaat untuk meningkatakn kualitas tidur dan kualitas hidup pasien kangker di thaiwan dan cina. Dengan cara pengaplikasian dengan menjadi pewangi ruangan dan juga terapi pijat untuk menenagkan pasien (Triana, 2021).

Aromaterapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa dijadikan sebagai terapi alternative dalam beberapa masalah kesehatan.Selain aromaterapi lavender ada banyak aromaterapi yang bisa dijadikan sebagai terapi kesehatan selain aroma salah satunya yaitu aromaterapi clary (minyak clary).Temuan penelitian yang dilakukan tahun 2014 menunjukkan bahwa menghirup 5% uap minyak clary efektif mengurangi stres yang terjadi selama pemeriksaan urodinamik pada pasien wanita dengan inkontinensia urin. Dengan demikian, menghirup 5% minyak clary merupakan intervensi layak untuk mendorong relaksasi pada pasien yang menjalani pemeriksaan urodinamik (Dwijayanti, 2014). Minyak aroma terapi lavender memiliki manfaat untuk pasien kangker antara lain dapat menenangkan fisik, mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatakan kualitas hidup, dan dapat meredakan depresi dan stres pada pasien kangker.

 

Daftar Pustaka

Triana, K. Y. (2021). Efektivitas Aromaterapi Lavender terhadap Nyeri dan Kecemasan dengan Kanker. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(1), 121. https://doi.org/10.20527/dk.v9i1.9469

Erina, S. dan Widia, L. (2016). Hubungan Antara Tekhnik Relaksasi Pernafasan Dalam Dengan Skala Nyeri Ibu Post Secti Caesarea 24 Jam Pertama di RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bambu. Jurnal Darul Ashar Vol 1, No.1.

Gnatta, J.R., Kurebayashi, S.F.L., Turrini, T.N.R., dan Silva, D.P.J.M,. (2016). Aromatherapy and nursing: historical and theoretical conception. Jurnal of School of Nursing USP Revista Da Escolar de Enfermagem Da USP. Rev Esc Enferm USP · 2016;50(1):127-133. 

Posting Komentar