Kiat-kiat Sukses Kuliah, Mahasiswa Harus Tau

 


Kuliah merupakan pendidikan tingkat lanjut setelah sekolah tingkat menengah atas. Perkuliahan dilaksanakan di perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta, umum maupun berbasis agama. Banyak dari kita diberikan kesempatan untuk bisa berkuliah entah lewat jalur beasiswa atau jalur reguler, semuanya perlu kita syukuri karena bisa berkuliah merupakan suatu anugerah. Kenapa demikian? Karena banyak orang di luar sana yang ingin bisa berkuliah namun keadaan ekonominya tidak mendukung atau karena faktor-faktor lainnya.

Perjalanan selama menjalani masa perkuliahan tentunya mengalami lika-liku, ada suka dan duka semua terangkum dalam satu wadah yang bernama pengalaman. Berkuliah belum tentu menjadikan kita sebagai orang sukses. Namun, alangkah baiknya jika kita mengupayakan yang terbaik agar tidak menyesal dikemudian hari. Lalu apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan agar berhasil di masa perkuliahan? Berikut rangkumannya.

Bersungguh-sungguh

Dalam melakukan segala sesuatu harus kita lakukan dengan sepenuh hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Belajar membutuhkan waktu yang lama namun jika kita tidak bersungguh-sungguh maka akan membuang-buang waktu saja.

Berani Menghadapi Masalah dan Kegagalan

Sebagai seorang mahasiswa, tentu tingkat pemikiran lebih tinggi daripada anak-anak yang masih berada di bangku sekolah dasar. Terhadap suatu masalah kita harus bisa bertanggung jawab menghadapinya bukan membiarkan atau malah meninggalkan. Tanpa kita sadari, ternyata tugas-tugas kuliah mampu menguji tingkat tanggung jawab kita. Sebagai contoh, seberapa tepat waktunya kita dalam mengumpulkan tugas, seberapa besar usaha kita untuk mengumpulkan materi, dua hal ini mampu kita jadikan bahan   introspeksi, apakah kita sudah bertanggung jawab walaupun dalam hal yang sepele? Jika pada hal kecil saja tidak bertanggung jawab, lantas bagaimana dengan hal yang lebih besar?

Dalam hal kegagalan, kita tidak  boleh cepat menyerah banyak kesempatan untuk bisa kita coba. Habiskan jatah kegagalan untuk sukses di kemudian hari.

Motivasi dan Kejutan

Mengelola emosi sangat perlu dilakukan, salah satu caranya adalah memberikan motivasi kepada diri kita sendiri. Motivasi kita perlukan untuk menumbuhkan rasa semangat dan percaya diri yang hilang ketika kita mengalami bosan dan jenuh. Motivasi bisa kita dapatkan melalui buku-buku bacaan ataupun sosial media.

Selanjutnya reward, yaitu suatu ungkapan terima kasih kepada diri sendiri atas progres yang telah kita lakukan. Setelah mengerjakan tugas kita bisa memberikan hadiah kecil untuk diri sendiri misalnya dengan melakukan hal-hal yang kita senangi sebagai tanda terima kasih, sehingga kita akan lebih bersemangat menjalani aktivitas-aktivitas selanjutnya.

Manajemen Waktu

Mengatur waktu merupakan hal yang sepele namun berdampak besar bagi keberlangsungan kegiatan kita dalam sehari. Kita harus bisa menentukan mana hal harus kita dahulukan dan mana yang bisa kita tunda. Sesuatu yang bersifat penting dan mendesak hendaknya kita dahulukan. Setelahnya, hal-hal yang kurang penting bisa kita lakukan jika memungkinkan. Tundalah kesenangan sementara untuk kesenangan yang lebih lama.

Perbanyak Usaha dan Doa, Kurangi Gaya

Karena doa tanpa usaha itu dusta, dan usaha tanpa doa itu  sombong. Dua hal ini harus berdampingan, sama-sama dilakukan agar terjadi keseimbangan. Bergaya dan mengikuti trend saat ini juga perlu tapi jika berlebihan hanya akan menimbulkan kemudaratan kepada diri sendiri dan orang lain.

Itulah hal-hal yang perlu kita perhatikan agar berhasil di masa perkuliahan. Sebagai catatan, kuliah bukan hanya tentang materi dan praktek atau mengerjakan tugas yang hampir mencapai deadline tapi kuliah adalah pengalaman, menambah relasi, dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki. Lakukanlah segala sesuatu dengan baik agar tidak menyesal dan mampu kita jadikan suatu kebanggaan. Selamat berproses untuk kita, semoga sukses.

Oleh: Lailatul Maghfiroh (Mahasiswa UIN Walisongo)

Posting Komentar