Tim 40 KKN RDR 77 UIN WALISONGO Adakan Podcast Relasi Agama dan Kesehatan

 

Kelompok 40 Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah 77 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengadakan podcast dengan tema "Relasi Agama dan Kesehatan mental" dalam rangka meningkatkan awareness kepada mesyarakat mengenai kesehatan mental. Acara ini dilaksanakan pada senin (8/11) secara daring, disiarkan di Live Streaming Instagram serta You Tube.

Pilihan tema tersebut berkaitan dengan pandemi COVID-19 yang berdampak pada berbagai aspek, salah satunya kesehatan mental. Beberapa tahun terakhir orang-orang ramai berkoar-koar mengenai kesehatan mental, di masa pandemi seperti ini banyak orang mengalami stres bahkan depresi.

Islam memberikan beberapa solusi untuk mengatasi mental illness dengan niat ikhlas, sabar, shalat, tawadhu' dan bersyukur, serta doa dan dzikir. Strategi seperti ini dalam versi ahli psikologi seperti relaksasi, berpikir dan mengatur waktu.

"Fungsi agama bagi psikologis manusia adalah sebagai pelipur para terhadap permasalahan yang dihadapi serta penyelamat agar terhindar dari mental breakdown," tutur Gipa selaku narasumber.

Agama Islam juga bisa menjadi penenang bagi pemeluknya, karena dalam Al-Qur’an segala macam obat sudah ditemukan oleh para ulama dan para ahli di bidangnya masing-masing.

"Mengutip ucapan Karl Marx bahwa agama adalah sebuah candu, bisa diartikan (dalam hal kebaikan)  agama memberikan sifat penenang kepada manusia dalam menjalani kehidupannya,” tuntasnya.

 

Rep: Keredaksian

Posting Komentar